Rabu, 24 Agustus 2011

SNMPTN 2011 - JALUR UJIAN TULIS

ITB menerima mahasiswa baru melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Jalur Ujian Tulis. Sistem seleksi ini merupakan sistem ujian saringan masuk perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan secara nasional, oleh sebuah panitia terpusat di Jakarta, yang ditunjuk oleh Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI). Tujuan pelaksanaan SNMPTN 2011 - Jalur Ujian Tulis adalah untuk memilih calon mahasiswa baru yang mempunyai kemampuan akademik untuk mengikuti dan menyelesaikan pendidikan di Perguruan Tinggi sesuai dengan batas waktu yang telah ditetapkan.
                                                                                                                                      
SNMPTN 2011 - Jalur Ujian Tulis adalah seleksi calon mahasiswa untuk memasuki Perguruan Tinggi Negeri dengan pola ujian tulis dan ujian keterampilan khusus bagi Program Studi tertentu. Penyelenggaraan seleksi ini dilaksanakan oleh sebuah Panitia Terpusat yang dibentuk oleh Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) dan ditempatkan di kota-kota yang strategis dimana Perguruan Tinggi Negeri berada.
Ujian tulis yang diselenggarakan dalam rangka Seleksi Nasional Perguruan Tinggi Negeri akan dilaksanakan secara serentak dan terpadu pada jam dan hari yang sama, dengan soal yang sama di berbagai PTN di Indonesia, sehingga peserta diharapkan dapat memilih lokasi yang terdekat dengan penyelenggaraan kegiatan seleksi tersebut. Tempat ujian tidak menjadi bahan pertimbangan dalam proses seleksi dan penentuan kelulusan seorang calon mahasiswa di perguruan tinggi negeri yang dipilihnya.
Mulai tahun 2011, ITB menawarkan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) serta Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) melalui program SNMPTN 2011 - Jalur Ujian Tulis. Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) dapat dipilih melalui jalur ujian IPS, sedangkan fakultas/sekolah lainnya dapat dipilih melalui jalur ujian IPA. Khusus bagi para peserta SNMPTN yang memilih FSRD, diharuskan untuk mengikuti ujian keterampilan.
Mulai tahun 2011, program Kemitraan Nusantara ITB (KN-ITB) diintegrasikan ke dalam program SNMPTN 2011, baik Jalur Undangan maupun Jalur Ujian Tulis. Untuk saat ini, lembagai-lembaga Mitra ITB yang telah mengirimkan Letter of Intent program KN-ITB 2011, dapat mengikuti program SNMPTN 2011 - Jalur Undangan Kemitraan Nusantara, sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada pelaksanaan SNMPTN 2011 - Jalur Undangan.
Pada pelaksanaan SNMPTN 2011 - Jalur Ujian Tulis, ITB kembali menawarkan program Beasiswa ITB (dh. Beasiswa ITB Untuk Semua/BIUS). Informasi mengenai pelaksanaan program program Beasiswa ITB, dapat diperoleh di sini. Pendaftaran program program Beasiswa ITB akan dimulai bersamaan dengan pelaksanaan pendaftaran SNMPTN 2011 - Jalur Ujian Tulis, pada tanggal 2 - 30 Mei 2011.
Pada pelaksanaan SNMPTN 2011 - Jalur Ujian Tulis, setiap peserta dapat mengikuti Kelompok Ujian IPA, IPS atau IPC tidak harus sesuai dengan jurusan SLTA yang bersangkutan. Pada tahun 2011, ITB menawarkan Fakultas/Sekolah berikut :
  • Kelompok Ujian IPA :
    • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)
    • Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH)
    • Sekolah Farmasi (SF)
    • Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB)
    • Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM)
    • Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI)
    • Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL)
    • Fakultas Teknologi Industri (FTI)
    • Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD)
    • Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK)
    • Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)
  • Kelompok Ujian IPS :
    • Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) – memerlukan Ujian Keterampilan

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More